Tuesday, September 26, 2006

Untuk Jim yang anti kemapanan

Pengakuan pria yang bernama bernama lengkap James Douglas Morrison. Lahir di Melbourne, Florida, USA 8 Desember 1943, dan meninggal pada 3 Juli 1971 di Paris Perancis. Ia merupakan putera seorang tentara.
Dia bersama tiga orang temanya Ray Manzarek, John Densmore dan Robby Krieger membentuk sebuah band bernama The Doors, namun Band ini cukup pendek umurnya hanya empat tahun sejak dirilisnya album pertama , karena Jim Morrison sang vokalis meninggal dunia di Paris pada bulan Juli 1971 secara misterius (ada yang mengatakan overdosis LSD, misterius seperti kematian Jimi Hendrix dan Janis Joplin) dan dimakamkan di pemakaman Le Père Lachaise Cemetery, Paris. Sebelum berangkat Jim sempat menulis buku puisi dan melakukan rekaman yang kemudian dirilis menjadi album di tahun 1979 berjudul An American Prayer.

Salah satu kutipan dari lirik2 nya:

“…Sebenarnya bisa dibilang suatu kebetulan kalau saya dianggap cocok dengan apa yang saya kerjakan ini. Saya merasa seperti panah pada busur, yang telah ditarik selama 22 tahun dan tiba-tiba dilepaskan. Pada dasarnya saya hanyalah seorang warga negara Amerika, keduanya California dan ketiga, Los Angeles.


Saya selalu tertarik pada pemikiran tentang perlawanan terhadap otoritas kekuasaan. Saya selalu tertarik akan pemikiran tentang penghancuran atau penggulingan sesuatu yang mapan. Apalagi yang berhubungan dengan revolusi, kekacauan, chaos, terutama kegiatan yang terlihat tidak memiliki makna.


Hal-hal tersebut bagi saya merupakan jalan menuju kebebasan. Revolusi di luar merupakan jalan yang membawa kebebasan di dalam. Dari pada memulai dari dalam, saya memilih dari luar, mencapai mental melalui fisik. Saya seorang Sagitarius, tetapi yang paling utama saya adalah The Doors.


Kita semua dari belahan barat. Keseluruhannya ini seperti sebuah undangan menuju ke barat. Matahari, malam, laut juga dunia yang kita anjurkan adalah bentuk baru dari wild west. Dunia yang dianggap jahat. Karena serba asing dan menghantui. Padahal perjalanan matahari menuju ke barat dan itu menuju ke akhir. Kita semua mengelilingi akhir dari suatu zodiak, jalan antara masa muda dan masa tua.”

Is everybody in?
Is everybody in?
The Ceremony is about to begin.
Wake up





0 Comments:

Post a Comment

<< Home